Jumat, 18 Januari 2013

Soal Tentang At Tarokib (Tata Bahasa)


SOAL TENTANG AT-TAROKIB (TATA BAHASA)
Disusun Oleh : Zainal Abidin, S.Pd.I

Mata Kuliah    : Pengembangan dan Pemantapan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab di
  MI/MTs/MA
Materi              : Soal tentang  Al-Tarakib (Tata Bahasa)
Mapel              : Bhs Arab
Kelas/Smt        : V (lima) / 2


Soal No. 1
A. Standar Kompetensi (SK) :
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang lingkungan madrasah, perpustakaan, dan kantin

B. Kompetensi Dasar (KD) :
5.1. Melakukan dialog sederhana tentang المكتبة في

C. Indikator Soal :
Siswa dapat memberi syakal (harakat) sebagian kalimat pada teks dialog.

D. Contoh Soal :
Petunjuk untuk Siswa : Berilah syakal (harokat) pada potongan teks dialog yang bergaris bawah di bawah ini !
 اَلْمُدَرِّسُ : يَا حَامِدْ, مَاذَا فِى الرّفِّ ؟
حَامِدٌ     : فى الرف كتب كثيرة مِثْلُ كِتَابِ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ وَكِتَابِ الْفِقْهِ وَكِتَابِ التَّفْسِيْرِ وَغَيْرِ ذَالِكَ

Kunci Jawaban :                                                                                                       
فِى الرَّفِّ كُتُبٌ كَثِيْرَةٌ

Soal No. 2, 3, 4, dan 5
A. Standar Kompetensi (SK) :
8. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek  sederhana tentang lingkungan madrasah, perpustakaan, dan kantin

B. Kompetensi Dasar (KD) :
8.1. Menyusun kata menjadi kalimat sempurna, membuat karangan sederhana tentang في المكتبة, فِى الْمَقَصَفِ
 
C. Indikator Soal nomor 2 :
Siswa dapat menyusun/merangkai kata acak menjadi kalimat yang benar

Contoh Soal :
Petunjuk untuk Siswa : Susunlah kata-kata acak di bawah ini menjadi kalimat yang benar !
طَوِيْلَةٌ – الْمَكْتَبَةِ – فِى – رُفُوْفٌ = .......................         
Kunci Jawaban :
فِى الْمَكْتَبَةِ رُفُوْفٌ طَوِيْلَةٌ


D. Indikator Soal nomor 3 :
Siswa dapat membuat kalimat sempurna dari kata-kata yang disediakan.
.
Contoh Soal :
Petunjuk siswa : Buatlah kalimat sempurna dengan menggunakan kata-kata berikut !
كِتَابٌ/عَلَى الْمَكْتَبِ = ........................

Kunci Jawaban :
اَيْنَ الْكِتَابُ ؟ اَلْكِتَابُ عَلَى الْمَكْتَبِ
E. Indikator Soal nomor 4 :
Siswa dapat memilih struktur kata sesuai dengan kaidah yang benar.
.
Contoh Soal :
Petunjuk Siswa : Pilihlah persesuaian antara mubtada’ dan khabar pada salah satu kata yang ada dalam kurung
فِى الْمَدْرَسَةِ مَقْصَفٌ, هُوَ .... (صَغِيْرٌ – صَغِيْرَةٌ)
  
Kunci Jawaban :
صَغِيْرَةٌ
E. Indikator Soal nomor 5 :
Siswa dapat mengubah susunan kalimat dari jumlah fi’liyah ke jumlah ismiyah

Petunjuk siswa : Ubahlah jumlah fi’liyah di bawah ini menjadi jumlah ismiyyah
يَأْكُلُ مُحَمَّدٌ الرُّزَّ فِى مَقْصَفِ الْمَدِرَسَةِ =  ....
  
Kunci Jawaban :
مُحَمَّدٌ يَأْكُلُ الرُّزَّ فِى مَقْصَفِ الْمَدِرَسَةِ

Wallahu A’lam

***** Syukron Katsiran *****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar