Rabu, 09 Januari 2013

Soal Tentang Al Ashwat (bunyi)


SOAL TENTANG AL ASHWAT (BUNYI)
Disusun Oleh : Zainal Abidin, S.Pd.I


Mata Kuliah    : Pengembangan dan Pemantapan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab di
  MI/MTs/MA
Materi              : Soal tentang  Al Ashwat (bunyi)
Mapel              : Bhs Arab
Kelas/Smt        : V (lima) / 2


Soal No. 1
A. Standar Kompetensi (SK) :
5. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang lingkungan madrasah, perpustakaan, dan kantin

B. Kompetensi Dasar (KD) :
5.1. Mengidentifikasibunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang  المدرسة في

C. Indikator Soal :
Diperdengarkan sebuah bacaan (Istima’)  tentang المدرسة في, siswa dapat menulis kata, kalimat yang bertasydid

D. Contoh Soal :
1) Diperdengarkan Teks Istima’ sebagai berikut :
اَلْاِسْتِمَاعُ !
يَا اَخِى, اِسْمِىْ حَسَنْ. اَنَا طَالِبٌ فِى الْفَصْلِ الْخَامِسِ مِنَ الْمَدْرَسَةِ الْاِبْتِدَائِيَّةِ. اَلْمَدْرَسَةُ بَعِيْدَةٌ مِنْ بَيْتِيْ. اَذْهَبُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ بِالدَّرَّاجَةِ. اَمَامَ الْمَدْرَسَةِ سَاحَةٌ, وَسَطَ السَّاحَةِ عِمَادُ اللِّوَاءِ. اَلْمَكْتَبَةُ جَانِبَ الْمَدْرَسَةِ, يَذْهَبُ بَعْضُ الطُّلاَّبِ اِلَى المَكْتَبَةِ.... الخ

Petunjuk untuk Siswa : Tulislah kata yang bertasydid yang anda dengar pada lembar jawab yang disediakan !

Kunci Jawaban :
1. الْاِبْتِدَائِيَّةِ               2. الدَّرَّاجَةِ         3. السَّاحَةِ         4. اللِّوَاءِ             5. الطُّلاَّبِ


 Soal No. 2
A. Standar Kompetensi (SK) :
5. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang lingkungan madrasah, perpustakaan, dan kantin

 B. Kompetensi Dasar (KD) :
5.1. Mengidentifikasibunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang  المدرسة في
C. Indikator Soal :
Siswa dapat menulis kembali kata,kalimat yang diperdengarkan.

D. Contoh Soal :
Petunjuk untuk Siswa : Tulislah kata, kalimat yang yang anda dengar berikut pada lembar jawab yang disediakan !

Diperdengarkan kata-kata dari Istima’ yang bergaris bawah sebagai berikut :
اَلْاِسْتِمَاعُ !
يَا اَخِى, اِسْمِىْ حَسَنْ. اَنَا طَالِبٌ فِى الْفَصْلِ الْخَامِسِ مِنَ الْمَدْرَسَةِ الْاِبْتِدَائِيَّةِ. اَلْمَدْرَسَةُ بَعِيْدَةٌ مِنْ بَيْتِيْ. اَذْهَبُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ بِالدَّرَّاجَةِ. اَمَامَ الْمَدْرَسَةِ سَاحَةٌ, وَسَطَ السَّاحَةِ عِمَادُ اللِّوَاءِ. اَلْمَكْتَبَةُ جَانِبَ الْمَدْرَسَةِ, يَذْهَبُ بَعْضُ الطُّلاَّبِ اِلَى المَكْتَبَةِ.... الخ
Lembar Jawab :
1. ( ………….. )     2. (…………..)     3. (…………..)      4. (…………..)  5. ( ……….. )

Kunci Jawaban :
1. (حَسَنْ)                2. (اَلْمَدْرَسَةُ)           3. (اَذْهَبُ)              4. (سَاحَةٌ)            5. (جَانِبَ)


Soal No. 3
A. Standar Kompetensi (SK) :
5. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang lingkungan madrasah, perpustakaan, dan kantin

B. Kompetensi Dasar (KD) :
5.1. Mengidentifikasibunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang  المدرسة في

C. Indikator Soal :
Siswa dapat menentukan ada atau tidaknya suatu bunyi yang diinginkan.

D. Contoh Soal :
Petunjuk untuk Siswa : Berilah tanda (√) pada nomor yang disediakan jika anda mendengar bunyi (س), dan berilah tanda (x) jika tidak mendengarnya dalam setiap kata yang diperdegarkan !

Diperdengarkan !
طَالِبٌ, مَدْرَسَةٌ, سَاحَةٌ, مَكْتَبَةٌ, اِسْتِرَاحَةٌ
Lembar Jawab :
1. ( ….. )                 2. ( ….. )              3. ( ….. )              4. ( ….. )              5. ( ….. )
Kunci Jawaban :
1. ( X )                    2. (√)                   3. (√)                   4. ( X )                 5. (√)

Soal No. 4
A. Standar Kompetensi (SK) :
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang lingkungan madrasah, perpustakaan, dan kantin

B. Kompetensi Dasar (KD) :
6.1. Melakukan dialog sederhana tentang  المدرسة في
                                                      
C. Indikator Soal :
Siswa dapat mengucapkan kembali bunyi kata dalam hiwar secara gradual.

D. Contoh Soal :
Petunjuk untuk Siswa : Dengarkan bunyi kata dalam hiwar berikut lalu ulangi !

Diperdengarkan hiwar guru melafalkan bunyi kata yang tercetak tebal untuk diulangi siswa!
حِوَارٌ :
سُلَيْمَان
:
أَيْنَ مَدْرَسَتُكَ، يَا يُوْسُف ؟
يُوْسُف
:
مَدْرَسَتِيْ فِيْ شَارِعِ سُوْلاَوِيْسِيْ رَقْمُ 34 مَالاَنْج.
سُلَيْمَان
:
هَلْ مَدْرَسَتُكَ كَبِيْرَةٌ ؟
يُوْسُف
:
نَعَمْ، هِيَ كَبِيْرَةٌ وَوَاسِعَةٌ. ِلأَنَّ فِيْهَا غُرَفٌ كَثِيْرَةٌ مِنْهَا : فُصُوْلٌ مُنَظَّمَةٌ وَإِدَارَةٌ ضَيِّقَةٌ لَكِنَّهَا نَظِيْفَةٌ وَدِيْوَانٌ وَاسِعٌ.

Lembar Jawab :
siswa mengulai bunyi kata yng diucapkan oleh guru dari materi hiwar sebagai berikut :
1. (يُوْسُف)              2. (شَارِعِ)             3. (كَبِيْرَةٌ)             4. (فُصُوْلٌ)           5. (إِدَارَةٌ)
Kunci Jawaban / penilaian :
Ketepan menirukan bunyi kata dengan makhraj yang benar.


Soal No. 5
A. Standar Kompetensi (SK) :
7. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan madrasah, perpustakaan, dan kantin

B. Kompetensi Dasar (KD) :
7.1. Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang  المدرسة في
                                                                   
C. Indikator Soal :
Siswa dapat melafalkan kata dari sebuah wacana tentang  المدرسة في.
D. Contoh Soal :
Petunjuk untuk Siswa : Bacalah paragraph di bawah ini dengan makhraj dan intonasi yang tepat !
فِي اْلمَدْرَسَةِ
        هٰذِهِ مَدْرَسَةٌ كَبِيْرَةٌ، هِيَ وَاسِعَةٌ. هِيَ فِيْ شَارِعِ سُوْلاَوِيْسِى رَقْمُ 34 مَالاَنْج. اْلمُصَلَّى وَالسَّاحَةُ أَمَامَ اْلمَدْرَسَةِ. السَّيِدُ مَرْزُوْقِي نَاظِرُ اْلمَدْرَسَةِ.
اُنْظٌرْ ! تِلْكَ فُصُوْلٌ وَمَكْتَبَةٌ. اْلفُصُوْلُ مُنَظَّمَةٌ وَاْلمَكْتَبَةُ كَبِيْرَةٌ. اْلمُصَلَّى هُنَا  وَاْلمِرْحَاضُ هُنَاكَ، هُوَ وَرَاءَاْلفُصُوْلِ وَهْوَ ضَيِّقٌ وَلَكِنَّهُ نَظِيْفٌ. اْلإِدَارَةُ بِجِوَارِاْلمَعْمَلِ، وَالدِّيْوَانُ بِجِوَارِاْلمَكْتَبَةِ. اْلحَدِيْقَةُ اْلجَمِيْلَةُ أَمَامَ هٰذِهِ اْلغُرَفِ.        

Kunci Jawaban / penilaian :
Ketepan pengucapan huruf demi huruf sesuai dengan makhraj dan intonasi yang benar.



Wallahu A’lam

***** Syukron Katsiran *****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar